Jenis Pinjaman Online yang Perlu Anda Ketahui

Thursday, October 03, 2019

Menjamurnya pinjaman online cepat di Indonesia saat ini membuat sebagian masyarakat lebih memilih cara pinjaman tersebut dibandingkan konvensional. Apalagi pinjaman online dirasa memiliki prosedur yang jauh lebih praktis dengan proses pencairan cepat. Bahkan wawancara kelayakan kredit terhadap calon nasabah tidak perlu lagi dilakukan secara tatap muka, melainkan pula melalui telepon.

Terlepas dari pro kontra yang dihadirkannya, pinjaman online dirasa memenuhi kebutuhan sebagaian masyarakat yang tidak terjangkau oleh sistem perbankan. Apalagi pinjaman online menawarkan sistem pinjaman cepat tanpa jaminan. Pinjaman jenis ini sangat tepat digunakan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam keadaan darurat, tetapi tidak ingin menyertakan jaminan apapun.

Para peminat pinjaman online dapat mengakses laman situs penyedia produk keuangan untuk melakukan pinjaman dengan jumlah sesuai kebutuhan. Selain itu, laman situs pinjaman online pun menyertakan informasi seputar suku bunga yang dibebankan kepada peminjam. Penetapan tingkat bunga pinjaman biasanya disesuaikan dengan ada atau tidaknya jaminan. Apabila peminjam memberikan jaminan, maka tingkat bunga yang dibebankan bisa jauh lebih rendah dibandingkan tanpa jaminan, karena hal ini berguna untuk memperkecil risiko pembayaran.

Jenis Pinjaman Online

Serupa dengan produk pinjaman dana konvensional, pinjaman online cepat juga memiliki berbagai jenis pinjaman yang dibedakan sesuai dengan jenis pinjaman, jangka waktu angsuran, suku bunga, ada atau tidaknya agunan, serta tujuan dari pinjaman. Berikut beberapa jenis pinjaman yang dimaksud:
berbagai vendor penyedia pinjaman online
1. Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan adalah jenis produk yang ditawarkan pinjaman online tanpa harus menyertakan agunan alias jaminan. Meskipun terlihat sangat praktis, umumnya pihak pinjaman online cepat meminta kartu kredit yang dimiliki calon peminjam sebagai syarat utama pengajuan kredit tanpa agunan (KTA).

2. Kredit Karyawan

Pinjaman karyawan adalah produk yang sengaja ditujukan bagi setiap karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, baik milik pemerintah maupun swasta dengan penghasilan tetap setiap bulan. Untuk mengajukan pinjaman ini, seorang karyawan harus menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti SK Pengangkatan PNS/Pegawai Tetap, rekomendasi atasan yang berwenang dan slip gaji.

3. Kredit dengan Agunan

Berbeda fungsi dari KTA, kredit dengan agunan adalah fasilitas pinjaman online cepat yang mana peminjam diminta untuk menyertakan sebuah jaminan berharga seperti surat kendaraan (BPKB) atau sertifikat rumah.

4. Kredit Kendaraan Bermotor

Ingin membeli kendaraan namun dana yang dimiliki masih kurang? Kredit kendaraan bermotor solusinya. Fasilitas pinjaman ini memungkinkan Anda membeli mobil ataupun motor idaman tanpa harus melakukan pembayaran secara tunai.

5. Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman modal usaha merupakan jenis pinjaman yang diberikan khusus untuk memenuhi modal seorang pengusaha dalam merintis usahanya tersebut. Tidak perlu ragu saat meminjam dana untuk modal usaha karena masa tenor yang diberikan sebagian pinjaman online cepat biasanya sangat lama hingga 36 bulan.

6. Kredit Pemilikan Rumah 

Selain kendaraan, pihak pinjaman online biasanya juga menyediakan fasilitas kredit kepemilikan rumah bagi mereka yang ingin membeli rumah idaman dengan cara mencicil. Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda cukup menyertakan fotokopi KTP dan bukti gaji tetap setiap bulannya.

Ketika meminjam dana melalui pinjaman online cepat, hal pertama yang paling krusial untuk Anda lakukan adalah menentukan besaran pinjaman. Pasalnya, langkah tersebut menentukan sanggup tidaknya Anda dalam membayar cicilan kelak. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung agar pihak pinjaman online lekas mencairkan dana. Ingat ya, dengan melakukan pinjaman online artinya Anda setuju dengan segala peraturan yang diberlakukan pihak perusahaan pinjaman online.


You Might Also Like

6 komentar

  1. yang penting semua lembaga pinjaman ini di bawah pengawasan OJK, yaakk..kalau nggak bahaya.

    ReplyDelete
  2. Aku kesel sering bgt dpet sms nggak jelas dr pinjaman online. Huhu
    Tp meski begitu mungkin byk juga org yg terbantu yaa

    ReplyDelete
  3. yang penting kita kena berhati2 agar tidak terpinjam daripada scammer

    ReplyDelete
  4. Wah, banyak ya penyedia pinjaman secara online ini

    ReplyDelete

Salam kenal gan... Silahkan berkomentar



“Orang boleh pandai setinggi langit,
tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer