Al-Quran Terkecil di Dunia atau Stambul

Saturday, February 12, 2011

Didunia ini ada banyak hal (benda) yang pastinya memiliki rahasia di balik keberadaannya. Setiap keberadaan benda pasti ada fungsinya bukan? Lalu semua benda yang ada di dunia pasti ada yang menciptakan bukan? Kita ambil misal kalian jawab pertanyaan diatas dengan jawaban memuaskan menurut saya yaitu “ya”.

Langsung saja deh, kita lanjut ke inti persoalannya. Seperti yang kalian liat pada gambar di atas, itu adalah gambar Al-Quaran Mini atau orang sering memanggilnya dengan sebutan Stambul. Sudah 1 minggu sebelum saya menulis artikel ini, saya selalu mencari tau tentang Al-Quran Mini ini tapi jawaban yang saya inginkan tidak terlalu memuaskan. Kebanyakan dari artikel yang saya buka malah beriklan ingin menjual Stambulnya.

Kenapa saya ingin tahu tentang Stambul ini, karena kebetulan saya punya satu dirumah yang merupakan turun temurun dari kakek saya yang notabene merupakan seorang tentara jaman Belanda dan Jepang. Apakah ini memang perkakas (baca:jimat) tentara Indonesia pada waktu itu? Sampai sekarang benda ini masih disimpan di tempatnya dengan aman di dalam sebuah kantong kain berwarna coklat kusam (saya yakin warna kantongnya putih pada awalnya) bersama benda peninggalan lainnya dari keluarga saya. Sebagai catatan saja kakek saya meninggal sekitar tahun 1965 pada kecelakaan kereta api atau satu tahun setelah ayah saya lahir, jadi benda ini sempat disimpan Nenek saya sebelum diserahkan ke Ayah saya.

Secara garis besar ada 5 pertanyaan yang ingin saya ajuakan :

1. Apa itu Stambul dan apa fungsinya (Stambul tidak bisa dibaca karena tulisannya terlalu kecil)
2. Asalnya darimana dan kira-kira darimana Kakek saya mendapatkannya?
3. Kira-kira bagaimana cara membuatnya?
4. Apakah sekarang masih ada pembuat Stambul?
5. Ada berapa jumlahnya di dunia saat ini?

Anda bertanya pada saya, mengapa saya tidak tanya pada Ayah saya ataupun Nenek saya? Yang jelas Ayah saya tidak tahu menahu masalah ini, sedangkan Nenek saya sepertinya juga tidak tahu (kebetulan saya belum pernah tanya, sekarang dia sudah meninggal).


Saya harap teman-teman disini bisa menjawab pertanyaan saya. Sebenarnya saya agak malas untuk menulis tentang diri saya sendiri di blog ini, tapi saya sangat penasaran tentang masalah ini. Pernah saya tulis masalah ini di Yahoo Answer dan beberapa forum tapi malah cuma tawaran pembelian yang banyak muncul sedangkan yang lainnya hanya sampah.

Terimakasih sudah membaca dan menjawab masalah ini.

You Might Also Like

20 komentar

  1. amar numpang promosi ya............
    ni blog baru saya, kawan pemburu alien silahkan buka link ini
    http://aristyapanggiwijaya.blogspot.com
    tolong beri tanggapan kalian

    ReplyDelete
  2. Stambul (Alqur'an kecil), namanya saja Alqur'an, ya merupakan pedoman hidup manusia yang juga merupakan mu'jizat Rasulullah SAW, untuk pertanyaan nomor 2 sampai terakhir silahkan anda cari tahu sendiri saja, yang pasti Alqur'an itu bukan jimat, itu adalah kitab suci umat islam yang harus dibaca, difahami makna n tafsirnya dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari2, agar bisa meraih bahagia dunia dan akhirat, amiin. Namun juga saya juga bingung tentang cara membacanya?? apa cukup jelas? atau mungkin Stambul dibuat karena faktor situasi dan kondisi yang akhirnya mengharuskannya agar lebih praktis, WaAllahu A'lam.

    ReplyDelete
  3. semua jumlah ada 13 cuy
    itu namanya hampir seperti KITAB KUNING, itu yang dipoto bohongan MAAF YA tapi kalo yang asli ditulisan terssebut ada beberapa kalimat ( kalo dibacakan ) kitab tersebut akan berubah dengan kehendakmu ( kamu ke PESANTREN terkenal ajj (bukan modern) ... )
    KEKAKE KAMU SURUH MUTIH DAN ISTIQOROH KALO PENGEN BISA.

    jaman sekarang ORANG ORANG sudah melupakan FILOSOFI TERSEBUT.
    (tidak percaya walaupun sudah mendarah daging)

    ReplyDelete
  4. alqur'an yang kecil( stambul) walaupun kecil bisa dibaca koq

    ReplyDelete
  5. Fungsi drpada quran mini banyak
    1. Anti api
    2. Terlindung dari segala kejahatan dll..

    ReplyDelete
  6. waah kebetulan saya belum pernah melihat..

    ReplyDelete
  7. kitab stambul asli ukurannya hanya 1/4 dari ukuran stambul foto diatas. Yg jelas karena umurnya sudah sangat tua, bahannya sudah pasti seperti peninggalan purbakala. Bahan kulit, ditulis dgn tinta emas. N.B: hanya org gila yang menjual kitab stambul asli. Harganya tidak dapat dinilai dgn uang.

    ReplyDelete
  8. Sy jg memiliki al-quran stambul (tinta hitam) & kitab stambul (tinta hitam) sepeninggalan dr ayah alm saya yang dulu nya seorg santri di pulau jawa yang masih keturunan raden kian santang & sdh sy simpan selama 22 tahun. Al-quran stambul mempunyai uk 2.5cm x 1.7cm x 9mm (dengan sampul kulit berwarna merah) berisikan ayat-ayat suci Al-Quran 30 juz & kitab stambul mempunyai uk 2.5cm x 1.5cm x 4mm (dengan sampul kulit berwarna merah) tidak berisikan ayat-ayat suci Al-Quran, alhamdulillah sampai saat ini kedua kitab tersebut masih utuh & tidak rusak & masih saya simpan sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pinya stambul tinta hitam dngn sampul kulit nya warna merah, di beri sama seseorang yang tidak di kenal, sampai sekarang masih saya simpan. inti nya segala sesuatu itu hanya allh yang menghendaki.

      Delete
  9. kami punya stambul tinta emas mau dimaharkan..kalo bisa buyer yang dkat2 aja..lokasi kami bangka belitung
    0852 6930 6382

    ReplyDelete
  10. saya punya malah lebih kecil lagi mungkin ini yang paling kecil sedunia..

    ReplyDelete
  11. Jika anda kebetulan memiliki atau mengetahui salah satu benda istimewa yang memiliki fungsi :
    1. Anti silet, misalnya MD, BK, RB, dll.
    2. Pring Petuk yang berfungsi sebagai Anti Panas.
    ( benda dipegan tangan sebelah kiri, tangan kanan meraba api, tapi tidak terasa panas )
    3. DLL
    Saya ada kenalan orang yang bisa memproses / mengkaryakan benda tersebut untuk mengasilkan uang yang halal. INGAT, Barang seperti itu tidak bisa diperjual belikan.
    Silahkan Hub. 081216225656, Tulungagung, Jawa Timur.

    ReplyDelete
  12. Tidak diperjual belikan. Tapi dimaharkan.

    ReplyDelete
  13. Saya pnya stambul BK,RB,PRING PETUK DLL hasil ritual dn warisan,, mau di hibahkan,, hp.087772822370 Nurhasan, BANTEN

    ReplyDelete
  14. aq punya tinta emas tpi berbentuk gulungan

    ReplyDelete
  15. aq punya tinta emas tpi berbentuk gulungan

    ReplyDelete
  16. Saya punyak tinta emas barangkali ada yg minat atau mau dimaharkan bisa hubngi 081232008711

    ReplyDelete
  17. Saya punya tinta emas,,
    Kalau ada yang berminat bisa dimaharkan.
    Bisa hubungi 08175498833

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Salam kenal gan... Silahkan berkomentar



“Orang boleh pandai setinggi langit,
tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer