Mengapa Jam Bergerak ke Kanan ?

Thursday, April 30, 2009

Halo sobat alien. Sekarang sperti yang telah saya tulis di kotak Shout Box saya, blog saya ini tidak hanya membahas masalah alien, UFO dan Astronomi, tapi membahas masalah umum lainnya walaupun masalah alien tetap jadi primadonanya.

Untuk kesempatan pertama mari kita kupas tuntas mengapa Jarum Jam berputar “Searah Jarum Jam”? Artikel ini saya ambilkan dari sebuah buku pengantar tidur yang berjudul “Mengapa Jarum Jam Bergerak Ke Kanan?”

Dalam bisbol, pacuan kuda, dan kebanyakan lomba selancar, kita terbisa melihat gerakan berlawanan arah jarum jam. Adakah alasan khusus mengapa jarum jam berputar “Searah Jarum Jam”?

Henry Fried, salah seorang horologis terkemuka di Amerika Serikat, mengetengahkan penjelasan sederhana untuk pertanyaan ini. Sebelum jam ditemukan, kita menggunakan jam matahari. Dibelahan bumi utara, bayangan berputar kearah yang kini kita sebut “Searah Jarum Jam”. Jarum jam yang dibuat bergerak menirukan gerakan bayangan matahari. Apabila jam diketemukan di belahan selatan, kata Fried, mungkin yang disebut arah jarum jam adalah arah kebalikan yang sekarang.

Saya tak bisa bayangkan jika saya yang berada di kota Cilacap (termasuk daerah lintang selatan) yang menemukan jam...Pasti gerakannya kearah kiri, jadi konyol kan...he..

You Might Also Like

2 komentar

  1. minat alien kenaper?

    buleh jerk kalo bergerak ke kiri..hee

    ReplyDelete
  2. minat alien kenapa ya? mungkin karena kenehan polemik yang ditimbulkannya kelee ye...

    ReplyDelete

Salam kenal gan... Silahkan berkomentar



“Orang boleh pandai setinggi langit,
tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer