Info Terkini Astronomi

Monday, April 13, 2009


Bulan Februari 2009 telah tiba, seperti kita ketahui ini adalah bulan yang cukup menjengkelkan tentunya tentunya bagi para penggemar langit malam. Bagaimana tidak, jangankan melihat langit malam yang cerah, melihat matahari saja barangkali cukup sulit karena selalu tertutup awan dan bahkan hujan. Kecewa? Tentu tidak, siapa tahu kita masih bisa menyaksikan cerahnya langit malam walau hanya diantara awan-awan dan mendung.
.
Memasuki bulan Februari kali ini event astronomi akan dibuka dengan Gerhana Bulan Penumbral. Menyusul beberapa event posisi planet dari mulai moon closest, conjunction maupun great elongation. Fase-fase Bulan tetap akan menjadi menu bulanan kali ini. Apogee dan perigee termasuk data posisi Hilal awal bulan Jumadil Awal 1430 H dapat juga anda dapatkan. Dan event menarik di akhir bulan Februari ini adalah munculnya Komet Lulin si "HIJAU" menjelang akhir bulan.
.
Event Astronomi Indonesia ini disusun berdasarkan beberapa sumber yaitu Efemeris NASA Program Planetarium Starrynight dan Generator SkyViewCafe. Akhirnya kita hanya bisa berharap akan mendapatkan langit cerah saat melakukan observasi khususnya ketika event-event menarik tersebut berlangsung. Happy stargazing

Selasa, 3 Febuari 2009

First Quarter Moon @ 06:14 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Awal. Lihat di atas kepala selepas matahari terbenam dan bulan terlihat separo persis untuk belahan sisi Barat, dan merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Hari ini umur bulan baru sekitar 7 hari atau baru menempuh 1/4 perjalanan revolusinya mengelilingi Bumi. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan detil kawah. Sebelum matahari terbenampun bulan sudah menggantung di atas langit.

Rabu, 4 Februari 2009
Moon - Pleiades @ 20:00 WIB
Malam ini kita dapat menyaksikan Bulan Gibbous menjelang purnama berdampingan dengan Gugus Pleiades (M45). Gugusan bintang yang sering diberi julukan 7 bidadari ini memang terdiri atas 7 bintang yang cukup terang dengan latar ratusan bintang. Pleiades berada di Rasi Taurus dan berada tidak jauh dari rasi Orion. Pemandangan ini dapat disaksikan selepas Maghrib di atas kepala.
.
Minggu, 8 Februari 2009
Moon Perigee @ 03:09 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terdekat dari bumi ( 361.486 km ). Perigee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling dekat dari bumi. [ info ]

Senin, 9 Februari 2009
Penumbral Lunar Eclipse @ 21:38 WIB saat Maksimum
Gerhana Bulan Penumbra terjadi malam ini. Gerhana ini merupakan rangkaian musim gerhana setelah Gerhana Matahari Cincin (GMC) setengah bulan yang lalu. Sesuai siklus setelah terjadi gerhana Matahari akan diikuti oleh gerhana bulan 15 hari berikutnya. Gerhana Bulan Penumbral terjadi saat
seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra atau bayangan samar Bumi. Sehingga bulan masih dapat terlihat terang dengan warna yang suram di salah satu sisinya. Sayangnya saat gerhana penumbral Haterjadi dengan mata telanjang kita hampir tidak bisa menyaksikan secara jelas fase-fase gerhana. nya pada saat maksimum yaitu sekitar pertengahan gerhana kira-kira pukul 21:00 - 22.00 WIB mungkin kita bisa melihat wajah Bulan yang agak gelap di salah satu sisinya, tentunya dalam kondisi langit yang bagus. Kontak Awal Penumbra terjadi pada pukul 19:38 WIB, saat mencapai Maksimum pada pukul 21:38 WIB dan Kontak Akhir Penumbra akan terjadi pada pukul 23:38 WIB sekaligus mengakhiri tahapan gerhana. [ Peta Gerhana ] [ Artikel Gerhana ]
..
Pemandangan Bulan saat Gerhana Penumbra (Credit: Spaceweather)
.
Senin, 9 Februari 2009
Full Moon @ 21:50 WIB (Geosentris)
Bulan purnama (full moon) kali ini dikenal sebagai Hunger Moon, Storm Moon, Candles Moonn sementara di India disebut Magh Poornima. Malam ini sangat bagus untuk mengamati permukaan bulan karena seluruh wajahnya yang menghadap ke bumi kini nampak semua disinari oleh matahari. Dengan mata telanjang kita dapat melihat pola gambar yang ada dipermukaannya. Ada yang mengatakan mirip gambar wanita, gambar kepiting, mirip gambar wayang, anak burung atau mirip gambar kelinci. Anak saya menyebutnya mirip dinosaurus?. Bagaimana menurut anda? Coba keluar sejenak dan pandanglah muka bulan, apa benar kata mereka? Waktu terbaik untuk pengamatan adalah di Langit Timur sekitar pukul 20.00 saat posisi bulan cukup nyaman untuk dipandang.
..
Kamis, 12 Februari 2009
Neptune Conjunction @ 19:44 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Neptunus mengalami konjungsi yaitu tepat di belakang Matahari. Peristiwa ini tentunya bukan untuk disaksikan karena memang tidak bisa disaksikan dari Bumi.
.
Sabtu, 14 Februari 2009
Mercury Greatest Western Elongation @ 07:32 WIB (Geosentris)
Hari ini Planet Merkurius berada pada posisi paling jauh sudut elongasinya terhadap matahari. Merkurius berada maksimum di sebelah Barat matahari. Posisi tersebut membuat planet paling dekat matahari ini akan mudah disaksikan pagi hari sebelum matahari terbit di Langit Timur. Bangun pagi dan carilah planet Merkurius ini.
..
Kwartet konjungsi pada 23 Februari 2009 pagi di Langit Timur
.
Selasa, 17 Februari 2009
Last Quarter Moon @ 04:38 WIB (Geosentris)
Malam ini bulan pada fase Kuartal Akhir, terbit di arah Timur agak ke Utara lepas tengah malam dan terlihat hanya separo untuk belahan sisi Timur. Merupakan saat terbaik untuk mengamati kawah-kawah di permukaannya. Gunakan binokuler 7x35 atau lebih untuk melihatnya. Teleskop merupakan pilihan terbaik untuk pengamatan. Saat matahari telah terbitpun bulan masih terlihat menggantung dilangit.
.
Jumat, 20 Februari 2009
Moon Apogee @ 00:01 WIB (Geosentris)
Hari ini Bulan pada posisi terjauh dari bumi ( 405.129 km ). Apogee adalah titik dimana sebuah benda langit berada pada jarak paling jauh dari bumi. [
info ]
.
Senin, 23 Februari 2009
Kwartet Conjunction @ lepas Subuh
Pagi ini kembali sederetan benda langit berkumpul bersama, Bulan sabit tua - Merkurius - Jupiter dan Mars dapat disaksikan di Langit Timur selepas Subuh. Bagi anda pemilik kamera digital jangan lupa abadikan peristiwa ini.
.
Selasa, 24 Februari 2009
Jupiter - Mercury Conjunction @ lepas Subuh - Rukyat Hilal Tua
Pagi ini juga kembali Jupiter dan Merkurius terlihat sangat berdekatan. Pagi hari selepas Subuh di Langit Timur juga kesempatan menyaksikan Hilal Tua akhir akhir bulan Shafar. Data ketinggian hilal menunjukkan 12°44' saat Matahari terbit pukul 05:43 WIB di Yogyakarta.
.
Selasa, 24 Februari 2009
Closest Approach Lulin Comet @ tengah malam
Malam ini sebuah Komet yang diberi nama "Lulin" akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yaitu sekitar 0,41 AU. Akibatnya kecerlangan komet ini diperkirakan akan mencapai magnitude 5 yang artinya dalam kondisi langit cerah komet ini dapat terlihat oleh mata telanjang. Komet Lulin atau juga dikenal sebagai
C/2007 N3 pertama kali ditemukan oleh astronom China dan Taiwan Ye Quanzhi dan Lin Chi-Sheng pada 11 Juli 2007. Nama Lulin sendiri diambil dari nama Observatorium dimana komet tersebut ditemukan. Uniknya dari komet ini adalah ekor komet yang tidak sebagaimana lazimya. Lulin memiliki ekor yang berjumlah dua dan saling bertolak belakang yang satu menjauhi Matahari sedang yang lain mengarah ke Matahari, sehingga ekor yang satunya ini disebut "antitail". Namun deikian, sejauh ini periode komet ini belum diketahui karena kemungkinan ini adalah kunjungan pertamanya mendekati Matahari dan baru akan berkunjung lagi ribuan tahun yang akan datang. Mau coba ngamat? Silahkan pake peta dibawah ini. Teleskop adalah pilihan terbaik untuk "hunting" komet ini.

.

You Might Also Like

0 komentar

Salam kenal gan... Silahkan berkomentar



“Orang boleh pandai setinggi langit,
tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer