Kredit Pemilikan Rumah

Saturday, January 03, 2015

Sebentar lagi... bener-bener sebentar lagi... tahun ini (insyallah) saya lulus sekolah. Teman-teman saya ada yang berencana melanjutkan studinya. Tapi buat saya jenjang ini sepertinya sudah cukup. Jadi setelah lulus saya akan bekerja.

Kalau anda bertanya kepada orang yang sudah bekerja, mengenai apa yang paling dia ingin dapatkan dari hasil pekerjaannya, saya berani jamin pasti tidak jauh-jauh dari rumah, kendaraan, dan gadget. Saya juga begitu. Tapi lebih condong untuk memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu, yaitu rumah.

Tahun lalu saya membuat design rumah ramah lingkungan. Pada bagian latar belakang pemilihan design, saya cantumkan backlog sebagai alasan perlu dibangunnya rumah murah (sekaligus ramah lingkungan). Sekarang saya tahu... susah untuk merealisasikan rumah murah di Indonesia. Alasannya simpel, meningkatnya jumlah pembeli tanpa diimbangi jumlah produksi akan menyebabkan tingginya nilai harga barang.

Setahu saya dari iklan-iklan yang bertebaran di internet maupun pamflet yang ditempel di jalan raya, harga minimal untuk rumah tipe 36 di daerah kota sudah berada di angka 300 jt an.
Pamflet iklan rumah
Dari pamflet itu, saya coba cari harga net dari rumah tersebut via internet. Dan... harga pastinya adalah IDR 369.432.200.  Mahal ya...

Hitungan KPR via Mandiri (klik untuk perbesar)
Keoptimisan saya muncul ketika ada yang namanya KPR. KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Ini adalah fasilitas untuk membeli rumah dengan kredit pada bank. Prinsip KPR adalah membiayai terlebih dahulu biaya pembelian atau pembangunan rumah, dan dana untuk membayar balik dilakukan dengan cicilan tersebut. 

Dari contoh perhitungan diatas, saya bisa tahu, berapa target penghasilan yang saya harus dapat dalam sebulan bila saya ingin membeli rumah itu.

NB : Artikel ini bertujuan sebagai reminder saya... Supaya saya inget 'apa yang harus saya dahulukan dan nominal yang harus saya kumpulkan...' 

Eh, ini ada sedikit kutipan dari novel 5 cm nya Donny Dhirgantoro (dengan sedikit modifikasi tentunya) :

“Setiap kamu punya mimpi taruhlah didepan sini, mengambang 5cm didepan SELANGKANGAN kamu, jadi ketika kamu ingin berbuat mesum kepada lawan jenis, kamu akan ingat... betapa sayang masa depan yang harus dikorbankan.” 




SELAMAT TAHUN BARU !!!

You Might Also Like

0 komentar

Salam kenal gan... Silahkan berkomentar



“Orang boleh pandai setinggi langit,
tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.
Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer